Peran Single Parent dalam Membentuk Keluarga Sakinah

Hafid Irfansyah, Kartini Kartini, Rachmadani Rachmadani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran peran single parent dalam membentuk keluarga sakinah di Desa Wunduwatu dan tinjauan maqashid syariah terhadap peran tunggal single parent dalam membangun keluarga sakinah di Desa Wunduwatu Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan redukasi data dan pengecekan keabsahan temuan dengan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: a). Gambaran peran single parent di Desa Wunduwatu dalam memenuhi kebutuhan keluarga yang terdiri dari kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman dan perlindungan, kebutuhan rasa kasih sayang, kebutuhan akan rasa percaya diri dan kebutuhan aktualisasi diri. semua pemenuhan kebutuhan tersebut belum mampu dilakukan dengan maksimal oleh para single parent  di Desa Wunduwatu yang di karenakan terdapat kesulitan dan kendala dalam membagi waktu untuk menjalankan perannya tersebut. b). Peran single parent di Desa Wunduwatu dalam membentuk keluarga sakinah jika ditinjau dari hukum Islam yaitu Maqashid Syariah tidak sepenuhnya berjalan dengan baik sebagaimana pada prinsip-prinsip yang ada didalamnya yaitu memelihara agama, jiwa, akal, keturunan dan harta karena beberapa peran dari single parent tidak dilaksanakan dengan maksimal. Karena pada hakikatnya sebagai orang tua tunggal ada banyak aspek yang harus dilaksanakan. Bukan hanya fokus pada satu sisi saja.


Full Text:

PDF

References


Bujuri, D. A. 2018, “Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan”, Jurnal Ilmiah PGMI, Vol. 4, No. 1, h. 88

Koentjaraningrat, 2014, Penerapan Teori Hukum pada Penelitian Tesis dan Disertasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta, h. 280.

Kumala, A. & Y. Tresnawati, 2017, “Keluarga Sakinah Dalam Pandangan Masyarkat”, Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, Vol. 3, No. 1, h. 21.

Layliyah, Z. 2013, “Perjuanga Hidup Single Parent”, Jurnal Sosiologi Islam, Vol. 3, No. 1, h. 90.

Mutakin, Ali. 2021. Panorama Maqashid Syariah. Bandung: Media Sains Indonesia. h. 1

Nasution, M. S. A. & R. Hidayat N, 2020, “Filsafat Hukum Islam & Maqashid Syariah”, Jakarta, 58-59.

Pratama, B. A. & Novita Wahyuningsih, 2018,”Pernikahan Adat Jawa Di Desa Nengahan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten”, Jurnal Haluan Sastra Budaya, Vol. 2, No. 1, h. 20.

Pratiwi, H. & R. Ahmad, 2020, “ Kebahagiaan (Happiness) Siswa yang Berasal dari Keluarga Ibu Single Parent”, Jurnal Neo Konseling, Vol. 2. No. 4, h. 2.

Qaradhawi, Yusuf. 2007. Fiqih Wanita: Segala Hal Mengenai Wanita. Bandung: Jabal. h. 50.

Rafsanjani, H. 2016, “Etika produksi dalam kerangka maqashid syariah”, Jurnal Perbankan Syariah Vol. 1, No. 2, h. 39.

Saifullah, 2006, Fakultas Syariah UIN, Malang, h. 245.

Shidiq, Sapiudin. 2017. Ushul Fiqh. Jakarta: Kencana, 225-226.

Siagian, S. 2019, “Kehidupan Sosial Ekonomi Perempuan Jawa Single Mother dalam Ranah Domestik dan Publik di Desa Sumber Jaya Kecamatan Serapit”, Jurnal Antropologi, Vol. 17, No. 2. h. 65.

Sugiono, 2007, Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif R&D, Albabeta, Bandung, h. 252.

Syafitri, K. & I. Sukmawati, 2020, “Self Adjusment of Early Adult Single Mothers in Sub-District Dua Koto, Pasaman District and its Implication for Guidance and Counseling Services” Jurnal Neo Konseling, Vol. 2, No. 4, h. 1.

Yasa, R. B. & Fatmawati, 2018, “Persepsi keberfungsian keluarga bagi anak dari keluarga single parent”, Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Islam, Vol. 4, No. 2, h. 169.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kalosara.v2i2.5233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kalosara: Family Law Review was Indexed By:

Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]

Web Analytics View My Stat