Kekerasan Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Maqasiq Syariah di Kota Kendari

Risky Wahani Safarintan, Andi Yaqub

Abstract


Penelitian empiris ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kasus kekerasan pada anak di masa pandemi covid-19 di Kota Kendari dengan menggunakan perspektif Maqasid Syariah yaitu Hifdzun an-Nafs (memelihara jiwa). Kasus kekerasan terhadap anak di Kota Kendari selama masa pandemi Covid-19 sangat signifikan perbedaannya dari sebelum dan pada saat pandemi Covid-19. Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari yang menangani kasus kekerasan terhadap anak dimasa pandemi Covid-19 memaparkan pada tahun 2019 sebanyak 22 laporan, 2020 19 laporan, 2021 sebanyak 25 Kasus Terhadap Anak (KTA). Subjek penelitian terdiri dari 4 responden, dengan pengumpulan data secara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa orang tua belum mampu menjaga jiwa dan akalnya. Seharusnya orang tua melindungi anak nya tetapi melakukan tindakan kekerasan pada anak nya sendiri, dari tinjauan Hifdzun An-Nafs sudah sangat melenceng jauh, karena didalam penjelasan hifdzun an-Nafs adalah memelihara atau menjaga jiwa. Faktor-faktor penyebab terjadinya kekerasan pada anak di masa pandemi covid-19 diantaranya : faktor ekonomi, faktor lingkungan, faktor pendidikan, dan pola asuh.  Upaya Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak dalam penanggulangan kekerasan pada anak dimasa pandemi covid-19 Di Kota Kendari dilakukan dengan dua tahap yaitu : upaya preventif, upaya represif.

Full Text:

PDF

References


Bahransyaf, D & Probosiwi, R. (2015). Pedofilia dan Kekerasan Seksual: Masalah dan Perlindungan terhadap Anak. Sosio Informa, 1(1)

Chusniatun. (2018), Perlindungan Anak Dalam Perspektif UU Negara RI dan Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Moh. Ie Wayan Dani. (2018), Perlindungan Hukum Terhadap Korban Kekerasan seksual. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., & Astari, T. (2021). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 476-489.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.